Pengertian Dan Jenis Media Massa
Berbagai sumber menyebutkan,
mediamassa (biasa disingkat "media" saja) berasal dari bahasa
Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium. Secara harfiah, media
berarti perantara atau pengantar – dalam hal ini perantara atau pengantar pesan
dalam sebuah proses komunikasi.
Istilah media populer di dunia
komunikasi dan dunia pendidikan. Di bidang komunikasi, media adalah
saluran (channels) komunikasi. Di dunia pendidikan, media adalah alat (tools)
untuk menunjang proses belajar-mengajar.
Yang kita bahas di posting ini
adalah media dalam pengertian media massa --sarana
komunikasi massa.
Pengertian Media Menurut Bahasa
Kamus Bahasa Inggris umumnya
mengartikan media sebagai alat, sarana, saluran, perantara, alat jalur (of
communications), dan wasilah.
Kamus Online Dictionary mengartikan
media sebagai hal yang terkait komunikasi, yakni media komunikasi massa seperti
majalah, radio, dan televisi:
2. (usually used with a plural verb ) the means of communication, as radio and television, newspapers, and magazines, that reach or influence people widely.
Dalam Kamus Besar Bahasa
Indonesia (KBBI), media (me·dia /média) diartikan sebagai berikut:
2. alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk;
3. yang terletak di antara dua pihak (orang, golongan, dsb): wayang bisa dipakai sbg media pendidikan;
4. perantara; penghubung;
5. zat hara yang mengandung protein, karbohidrat, garam, air, dsb. baik berupa cairan maupun yang dipadatkan dengan menambah gelatin untuk menumbuhkan bakteri, sel, atau jaringan tumbuhan.
Pengertian media menurut
istilah umumnya terkait dengan komunikasi dan pendidikan. Umumnya, ketika orang
menyebut media, maka yang dimaksud adalah media massa, yakni media komunikasi
massa, seperti suratkabar, majalah, radio, dan televisi.
Kita pun mengenal istilah
"insan media", "awak media", atau "orang media".
Yang dimaksud tak lain adalah wartawan atau "insan pers".
Menurut Leksikon Komunikasi, media massa adalah “sarana
penyampai pesan yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas, misalnya
radio, televisi, dan surat kabar”.
Karakteristik Media Massa
Tidak semua media bisa disebut
media massa. Karakteristik media massa terpopuler antara lain:
1. Publisitas. Disebarluaskan kepada publik, khalayak, atau orang
banyak.
2. Universalitas. Pesannya bersifat umum, tentang segala aspek
kehidupan dan semua peristiwa di berbagai tempat, juga menyangkut kepentingan
umum karena sasaran dan pendengarnya orang banyak (masyarakat umum).
3. Periodisitas. Tetap atau berkala, misalnya harian atau mingguan,
atau siaran sekian jam per hari.
4. Kontinuitas. Berkesinambungan atau terus-menerus sesuai dengan
priode mengudara atau jadwal terbit.
5. Aktualitas. Berisi hal-hal baru, seperti informasi atau laporan
peristiwa terbaru, tips baru, dan sebagainya. Aktualitas juga berarti kecepatan
penyampaian informasi kepada publik.
Jenis-Jenis Media Massa
Jenis-jenis media massa saat
ini secara garis besar dibagi tiga:
1. Media Cetak (Printed Media): Suratkabar, Tabloid, Majalah.
2. Media Elektronik (Electronic Media): Radio, Televisi,
Film/Video
3. Media Siber (Cyber Media): Website, Portal Berita, Blog, Media
Sosial.
Untuk berkomunikasi melalui
media massa (komunikasi massa), keahlian atau keterampilan (skills) yang harus
dimiliki antara lain menulis (writing skill), jurnalistik, broadcasting/announcing
skills, editing, bahasa jurnalistik (bahasa media), dan editing foto, audio,
dan video.
(Romelteamedia)