Pentingnya Iklan Terhadap Pemasaran Suatu Produk
Periklanan (advertising) adalah
bentuk- bentuk komunikasi atau presentasi non pribadi produk atau perusahaan
yang di kendalikan oleh produsen untuk berkomunikasi dengan pelanggan.
Pada saat ini iklan memang
menjadi alat komunikasi yang penting bagi produsen atau perusahaan untuk dapat
memperkenalkan produknya agar dapat di kenal oleh masyarakat. Secara umum iklan
memiliki fungsi dan tujuan sebagai berikut :
Memberikan informasi
Iklan di gunakan oleh produsen
atau perusahaan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai produk
perusahaan. Informasi – informasi tersebut dapat berupa menjelaskan mengenai
kegunaan, kemampuan, cara kerja, keunggulan, kualitas, serta harga produk.
Informasi mengenai produk sangat di perlukan apalagi terhadap suatu produk yang
baru di pasarkan. Hal ini di lakukan agar konsumen mengetahui bahwa ada produk
baru. Tentunya hal tersebut juga dapat membantu bagi produsen atau perusahaan
dalam membangun citra produk.
Membujuk
Bentuk periklanan ini bersifat
membujuk masyarakat untuk melakukan pembelian terhadap produk atau merek
perusahaan dan kemudian melakukan pembelian ulang. Tujuannya adalah menciptakan
permintaan terhadap produk atau merek tersebut. Hal ini tentu penting bagi
produk pada masa persaingan. Dengan berusaha untuk meyakinkan akan keunggulan
produk atau merek perusahaan terhadap produk pesaing dan di harapkan dapat
mengubah persepsi masyarakat terhadap produk atau merek perusahaan sehingga
dapat membujuk masyarakat untuk segera melakukan pembelian serta membujuk
konsumen pesaing untuk berpindah ke merek perusahaan.
Mengingatkan
Yaitu iklan yang bertujuan
mengingatkan kembali kepada masyarakat terhadap produk atau merek perusahaan.
Ketika masyarakat membutuhkan produk atau merek tertentu, maka mereka akan
mengingat produk atau merek perusahaan untuk memenuhi kebutuhannya sekarang dan
di masa yang akan datang. Periklanan ini sangat bermanfaat bagi produk yang
berada pada tahap kedewasaan. Selain itu, bentuk periklanan ini juga berusaha
untuk memberikan keyakinan kepada konsumen bahwa pilihannya tepat.
Memberikan Nilai Tambah
Dengan iklan yang efektif
dapat memberikan nilai tambah terhadap produk atau merek tertentu sehingga
produk atau merek tersebut dapat dipersepsikan lebih mewah, lebih modern, lebih
fleksible, lebih bergaya dan lebih bergengsi. Sehingga secara keseluruhannya
produk tersebut dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen jika di bandingkan
dengan produk pesaing.
Mendukung Usaha Promosi
Lainnya
Iklan juga dapat di gunakan
untuk membantu meningkatkan komunikasi produk dalam bentuk sales promotion
serta membantu pemasaran produk dalam bentuk komunikasi promosi yang lainnya.
Dari penjabaran mengenai
fungsi dan manfaat iklan secara umum dapat di ketahui bahwa iklan memiliki
peranan yang sangat penting bagi suatu perusahaan dalam memasarkan produk
barunnya agar dapat di kenal oleh masyarakat. Dengan menggunakan media iklan,
memberikan informasi kepada masyarakat dapat lebih efektif dan dengan biaya
yang relative murah.
Tujuan akhir dari periklanan
adalah menciptakan mega brand. Tetapi bagi kebanyakan produsen atau perusahaan
yang produknya telah menjadi mega brand, mereka menurunkan kualitas produknya
sedikit demi sedikit. Akibatnya konsumen akan beralih ke produk lain. Sehingga
penting bagi produsen untuk tetap mempertahankan atau meningkatkan kualitas
produknya dan terus berinovasi dengan terus menciptakan produk yang sesuai dengan
harapan konsumen , dapat pula dilakukan dengan cara membuat tampilan produk
se-unik mungkin. Sehingga menjadi suatu ciri khas dari produk dan akan selalu
di ingat oleh masyarakat.